STAIN MAJENE IKUT RAKOR KEHUMASAN BIDANG PENGAWASAN TINGKAT PTKN TAHUN 2019

STAIN MAJENE, Kamis-Sabtu, 16-18 Mei 2019 Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Keuangan  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene Prov. Sulawesi Barat, Muhammad Said mengikuti rapat koordinasi Kehumasan bidang pengawasan. Kegiatan selama tiga hari tesebut  dilaksanakan di Hotel Aviaris, Bintaro, Tangerang. Hadir sejumlah pejabat eselon IV dibidang kehumasan lingkup PTKIN seluruh Indonesia. Rapat dibuka oleh Bapak Dr. Rojikin selaku PLH Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI.

 

Kegiatan ini mengambil tema “Arah dan Kebijakan Pengawasan Kementerian Agama Tahun 2019”. yang digagas oleh Inspektorat Jenderal Kemenag RI ini dimaksudkan untuk meningkatkan gairah publikasi dan informasi bidang pengawasan yang tidak terlepas dari peran serta humas dalam melakukan penerimaan dan penyampaian informasi. Apalagi melihat perkembangan era 4.0 saat ini yang lebih mengarah pada perkembangan informasi melalui media sosial maupun media alternatif lainnya.

 

Dalam sambutannya, Rojikin menyampaikan bahwa kebijakan dan strategi pengawasan Itjen Kemenag berasal dari arahan pokok Itjen Kemenag tahun 2019. Menurutnya dukungan dari berbagai satker di kemenag, mampu mensinergikan isu strategis atau program prioritas pembangunan nasional yang bersifat pencegahan dan pemberantasan korupsi, peningkatan kapasitas pengawasan interen serta penguatan sistem pengendalian internal.

 

Narasumber, Nurul Badruttamam (Kasubbag Tata Usaha dan Hubungan Masyarakat Kemenag RI) mendorong seluruh Humas agar mampu mengawasi  jalannya media publikasi satker masing-masing. Ia juga menyampaikan  bahwa bentuk-bentuk publikasi yang dihimpun oleh setiap lembaga seperti Banner, berita, buku, paparan, produk hukum dan lainnya harus dipublikasi lewat website, media sosial, majalah dan lain sebagainya. Ia mengimbau “kegiatan kehumasan harus mampu mengatur segala persiapan seperti pidato, paparan dan peliputan kegiatan pimpinan hingga pada proses penyampaian informasi ke pihak eksternal”. Peran Humas Satker diharapkan bersinergi dengan pusat dalam hal peliputan kegiatan dengan harapan publik mengetahui Program Kerja Kementerian Agama dalam bidang pengawasan. ungkapnya

 

Ka. Sub Bagian Administrasi Umum dan Keuangan  STAIN Majene, Muhammad Said berharap adanya anggaran yang memadai untuk kegiatan kehumasan, sehingga akan berimbas pada penguatan Sumber Daya Manusia (SDM)  dan Fasilitas Kehumasan. Ia optimis jika hal tersebut terealisasi akan semakin mengembangkan dunia per-humas-an STAIN Majene “tentunya kompetensi para humas PTKIN akan semakin berkembang” karena Humas ini mempunyai peran penting dalam membangung dan mengelola informasi menjadikan citra Perguruan Tinggi semakin baik. tuturnya.

 

Berikut : Rekomendasi Rakor Kehumasan Bidang Pengawasan PTKN Tahun 2019

Bintaro, 16 s.d 18 Mei 2019

 

 

  1. Pembentukan Forum Humas Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) dengan susunan kepengurusan sebagai berikut :

Koordinator                      :  Suhirman (UIN Mataram)

Wakil Koordinator          :  Abdurrahman (UIN Jambi)

Sekretaris                          :  Hayatul Islam (UIN Lampung)

Wakil Sekretaris              :  Ismi Sabariyah (UIN Makasar)

Bendahara                         :  Astri Amanati (UIN Semarang)

Wakil Bendahara             :  Yuni Salma (UIN Medan)

Korwil 1:  Jawa (Moch. Arifin/IAIN Cirebon)

Korwil 2 : Bali, NTB, NTT (Ketut Kanti Iswari/IHDN Bali)

Korwil 3 : Sumatera (Ratonggi/ IAIN Padang Sidempuan)

Korwil 4 : Kalimantan (Aspari Ismail/ IAIN Pontianak)

Korwil 5 : Sulawesi (Muhdar Ibrahim/ IAIN Palu)

Korwil 6 : Papua Barat, Papua, Maluku, Maluku Utara (Syeane Lawalata/IAKN Ambon)

 

  1. Program Forum Humas PTKN
  2. Pengajuan SK Forum kepada Sekjen/Karo HDI
  3. Penyusunan Program Kerja yang akan disusun Pengurus Harian dan kemudian diplenokan bersama dalam FGD kehumasan dalam waktu dekat.

 

  1. Rekomendasi :
  2. Perlu dilakukan upaya-upaya yang sistematis dan terstruktur untuk meningkatan kapasitas praktisi Humas di lingkungan PTKIN di bidang Pengelolaan Website, Menulis berita, Fotografi, Design Grafis, Video Grafis, Motion Grafis, Editting Video, Pengelolaan Medsos, Jurnalistik, Management Krisis, Psikologi Media, Public Speaking, Komunikasi Public, Management Organisasi, PPID
  3. Perbaikan struktur anggaran Humas untuk mencapai fungsi humas yang diharapkan perlu diperjuangkan secara Bersama.
  4. Pembentukan Tim Cyber Medsos
  5. Penyusunan data base praktisi kehumasan di setiap PTKN.
  6. Pengoptimalan komunikasi dan koordinasi melalu WA Group.

 

 

Sumber : Humas STAIN 2019

Humas STAIN Majene

User Humas

Tinggalkan Komentar