Study Club Kompak STAIN Majene Giatkan Literasi melalui Mading

Laporan: Nurdianti (Mahasiswa KPI Semester II)

Editor: Nirwan Wahyudi AR

Beragam cara dapat dilakukan untuk mengasah keterampilan dan kreativitas menulis mahasiswa. Di antaranya melalui media majalah dinding (mading) kampus, seperti diprakarsai oleh Bidang Writing Komunitas Pengembangan Tripotensi Mahasiswa KPI (Kompak) STAIN Majene. Mereka mengerjakan mading selama kurang lebih 2 pekan dan dipasang di lantai 2 gedung Mim pada hari ini, Jumat (12/4/2019).

Pada mading tersebut, ditampilkan tulisan dalam berbagai rubrik, mulai dari news, opini, artikel, cerpen, puisi, pantun, dan tips. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi terhadap kearifan lokal, juga ditampilkan rubrik kalinda'da yang berisi syair-syair berbahasa Mandar.

Untuk saat ini, biaya pengelolaan mading berasal dari swadaya mahasiswa dibantu oleh pengelola prodi KPI STAIN Majene.

"Alhamdulillah dari hasil patungan teman-teman dan sumbangan kaprodi, kami bisa selesaikan mading ini. Meskipun sederhana, paling tidak kami sudah tunjukkan kemauan dan semangat untuk menumbuhkembangkan potensi mahasiswa KPI di bidang kepenulisan," terang Syahrul, koordinator Bidang Writing Kompak.

Fathiyah selaku Plt Kaprodi KPI STAIN Majene menegaskan bahwa beberapa mahasiswa KPI memang gemar menulis.

"Banyak dari mereka yang hobi menulis, jadi bisa tersalurkan lewat mading ini," tuturnya.

Ia juga berharap Mading Kompak bisa menjadi embrio media pers kampus STAIN Majene.

"Ada wacana membentuk pers kampus. Semoga Mading Kompak ini jadi cikal-bakalnya," tambah Fathiyah.

Study Club Kompak merupakan wadah yang dibentuk mahasiswa KPI STAIN Majene pada 15 Maret 2019 lalu untuk mengembangkan tripotensi mereka: public speaking, writing, dan broadcasting.

Super Administrator

Super Administrator