PROFIL JURUSAN TARBIYAH DAN KEGURUAN

 

Jurusan Tarbiyah dan Keguruan lahir bersamaan dengan berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene yang telah diresmikan langsung oleh Bapak Menteri Agama Republik Indonesia H. Lukman Hakim Saifuddin pada tanggal 12 Nopember 2016 di Kabupaten Majene. Dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2016 pasal 10 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene disebutkan bahwa salah satu Jurusan di STAIN Majene adalah Jurusan Tarbiyah dan Keguruan.

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 871 Tahun 2017 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi pada Program Sarjana Sekolah Tingggi Agama Islam Negeri Majene disebutkan bahwa Jurusan Tarbiyah dan Keguruan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene diberi izin membuka dua (2) Program Studi yaitu:

  1. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
  2. Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI)

 

Jurusan Tarbiyah dengan Program studi Pendidikan Agama Islam dan Program Studi Tadris Bahasa Inggris bertujuan mengantarkan mahasiswanya ahli di bidang pendidikan agama Islam dan Bahasa Inggris serta menjadi pendidik/guru profesional. Untuk itu, mahasiswa dibekali dengan keahlian-keahlian plus untuk menjadi peneliti dan konsultan pendidikan agama, serta manajer/pengelola lembaga pendidikan.

Kegiatan perkuliahan dilengkapi dengan laboratorium micro teaching yang berfungsi membantu Jurusan Tarbiyah dalam memperkuat proses pembelajaran (learning process) dengan menyediakan berbagai pelatihan dan praktikum mahasiswa yang memberdayakan, melakukan pengkajian dan penelitian dalam upaya discovery terhadap teori dan model pembelajaran, serta menerapkan pembelajaran atau ilmu kependidikan Islam (konsep, model, teknologi) di masyarakat sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat.

 

Visi dan Misi Jurusan Tarbiyah dan Keguruan

Visi:

Menjadi  Pusat Kajian dan pengembangan ilmu  Tarbiyah dan Keguruan  yang unggul dan malaqbiq  di kawasan timur Indonesia tahun 2040

Misi:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang Tarbiyah dan Keguruan yang berbasis kebahasaan dan IT.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Tarbiyah dan Keguruan yang berbasis kebahasaan dan IT.
  3. Mengembangkan kemampuan Sumber Daya Manusia yang profesional di bidang Tarbiyah dan Keguruan.
  4. Menjalin kerjasama yang strategis dengan berbagai lembaga dalam skala regional, nasional, dan internasional dalam bidang Tarbiyah dan Keguruan.

Tujuan:

  1. Menghasilkan sarjana Tarbiyah dan Keguruan yang berkarakter, profesional dan mandiri
  2. Menghasilkan praktisi Tarbiyah dan Keguruan yang profesional dan berakhlak karimah
  3. Menghasilkan peneliti dan pengabdi kepada masyarakat di bidang Tarbiyah dan Keguruan Terjalinnya kerjasama dengan lembaga pemerintah dan NGO

 

___________________________________________________

 

VIDEO PROFIL :

1. VIDEO PROFIL PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INGGRIS