STAIN MAJENE MELAKSANAKAN TES BACA DAN TULIS AL-QUR’AN

STAIN Majene. Dalam penjaringan mahasiswa setiap tahunnya mengalami peningkatan yang pesat. Tahun 2020 menjadi tahun keempat penerimaan mahasiswa baru. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

STAIN Majene sebagai lembaga perguruan tinggi negeri Islam adalah lembaga pengembang nilai dan karakter keislaman. Dalam upaya pembinaan, civitas akademik STAIN Majene melakukan pemantauan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an bagi mahasiswa baru tahun 2020.

Sebagai rangkaian pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan, tes baca dan tulis Al-Qur'an (BTQ) dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Sampai 3 September 2020 secara  dua tahap, dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Penilaian Uji baca dan tulis Al-Qur'an ini masiswa baru ini di bagi dalam beberapa kriteria mulai dari yang tidak bisa membaca dan menulis sampai tingkat menghafal Al-Qur'an 5 jus.

Dalam sambutannya Dr. Muliadi, M.Sos.I. menyampaikan, hal ini dipandang penting guna mendata dan mengetahui kemampuan mahasiswa dalam bidang BTQ. Wakil ketua I STAIN Majene ini juga menyampaikan bahwa data ini juga akan memudahkan sekiranya ke depan ada pemberian beasiswa Hafiz. (HUMAS STAIN MAJENE)

AHMAD AKBAR