IKUT TOT KUSEMAI NILAI, KETUA DWP STAIN MAJENE HARAP KOMITMEN BERSAMA CEGAH KORUPSI

IKUT TOT KUSEMAI NILAI, KETUA DWP STAIN MAJENE HARAP KOMITMEN BERSAMA CEGAH KORUPSI

STAIN MAJENE - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) STAIN Majene, St. Baqiah mengikuti program Training of Trainer (ToT) Kusemai Nilai Tahap II yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenag) RI di Harris Hotel and Convention Kelapa Gading, Jakarta Utara, 26 – 28 Oktober 2023 lalu.

Kegiatan tersebut diikuti oleh pegawai Kemenag, pengurus DWP Kemenag, perwakilan DWP dari Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), serta perwakilan satuan kerja Kemenag lainnya.

Sebelumnya, Kusemai Nilai Tahap I baru usai dilaksanakan pada Maret lalu. Program ToT ini merupakan komitmen Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama RI (Kemenag) sebagai upaya pencegahan korupsi yang berbasis keluarga.

Dilansir dari kemenag.go.id, Eny Retno Yoqut Qoumas, Penasehat DWP Kementerian Agama (Kemenag) berpesan kepada jajarannya agar senantiasa dapat menerapkan dan menyebarkan nilai anti korupsi.

Eny mengatakan, hal ini merupakan langkah nyata untuk melawan korupsi, pasca mereka mengikuti ToT Kusemai Nilai Tahap II.

“Ibu-ibu sudah dibekali beragam sangu, bekal untuk menjadi penggerak sekaligus pelatih yang bisa mengampu dan menyampaikan semangat antikorupsi,” ungkap Penasehat DWP Kemenag saat menyampaikan arahan di hadapan para istri pejabat Kemenag di Jakarta, dikutip dari kemenag.go.id (29/10/2023).

Lenih lanjut, Penasehat DWP Kemenag mengharapkan peserta ToT mempersiapkan rencana aksi untuk agenda program kedepannya, termasuk evaluasi program yang juga dianggap krusial.

“Jangan lupakan nilai-nilai evaluasi setelah melakukan aksi. Ini menjadi penting sebagai bahan perbaikan dalam program berikutnya,” harap Eny Retno.

Sementara, Ketua DWP STAIN Majene, St. Baqiah berharap memperoleh dukungan penuh dari seluruh civitas akademika demi terwujudnya program pencegahan korupsi.

“Harapan saya pelaksanaan kegiatan ini, memperoleh dukungan dari semua pihak terkait, khususnya pimpinan dan seluruh civitas akademika STAIN Majene agar  kegiatan ini  dapat terealisasikan. Jujur ini adalah hal yang sebenarnya sulit, tapi akan sangat mudah bila kita bisa berkomitmen bersama sama untuk mewujudkannya,” tutup Baqiah. (rls)